You are currently viewing Begini Loh Cara Mengatasi Dinding Lembab dan Berjamur dengan Cepat
cara mengatasi dinding lembab dan berjamur

Begini Loh Cara Mengatasi Dinding Lembab dan Berjamur dengan Cepat

Dinding rumah yang berjamur perlu Anda perhatikan agar nantinya ruangan terasa lebih bagus. Cara mengatasi dinding lembab dan berjamur sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu menerapkan beberapa cara yang telah kami siapkan di artikel ini.

Penyebab dinding lembab sebenarnya cukup beragam. Bisa saja kelembaban tersebut terjadi karena adanya kebocoran di rumah. Sehingga air menetes pada dinding dan menyebabkan dinding lembab serta memunculkan jamur.

Kemudian bisa juga dinding yang lembab terjadi karena sirkulasi udara dan cahaya di rumah kurang memadai. Sehingga rumah terasa lembab dan membuat dinding berjamur.

Berbagai penyebab ini akan membuat dinding Anda rusak dan berjamur. Sehingga akan mengurangi nilai estetika ruangan Anda. Jika seperti ini, pastikan Anda untuk segera mengatasi masalah tersebut agar dinding tetap bagus dan indah.

Cara Mengatasi Dinding Lembab dan Berjamur

Secara umum dinding yang lembab akan memunculkan jamur. Jika hanya muncul jamur mungkin tidak akan ada masalah, tetapi saat terjadi dinding lembab maka akan membuat bagian dinding jadi rusak.

Kerusakan ini meliputi rapuhnya dinding yang membuatnya cepat runtuh, keroposnya cor, hingga keroposnya komponen kayu penyangga rumah. Jika Anda mengalami masalah lembab seperti ini, sebaiknya atasi dengan beberapa tips berikut.

1. Periksa Bangunan Rumah

cara mengatasi dinding lembab dan berjamur
dinding lembab dan berjamur

Langkah pertama cara mengatasi tembok lembab yakni dengan memeriksa bagian bangunan. Anda wajib memeriksa setiap bangunan yang terkena rembesan air dan menjadi lembab.

Dalam hal ini, Anda wajib menandai semua bagian dinding yang lembab, kemudian mencari tahu sumber masalahnya. Jika masalahnya karena air yang menetes, maka Anda perlu memperbaikinya dengan segera.

2. Gunakan Cairan Antijamur

Untuk mengatasi tembok lembab dan berjamur, Anda perlu menggunakan cairan anti jamur. Anda bisa menyemprotkan cairan tersebut ke seluruh bagian dinding yang lembab dan berjamur.

Setelah melakukan penyemprotan, Anda bisa menunggu sejenak. Tunggu saja hingga jamur yang menempel di dinding bisa mengelupas dengan sendirinya. Setelah itu Anda bisa membersihkannya dengan sapu maupun alat lain.

3. Melakukan Cat Ulang

Langkah berikutnya, Anda wajib memastikan bahwa dinding tersebut telah bersih. Setelah itu, Anda perlu mengecat ulang dinding dengan cat anti bocor. Gunakanlah merk dan warna cat yang bagus agar dinding terhindar dari masalah kelembaban.

Misalnya saja Anda bisa memakai cat yang memiliki kemampuan khusus untuk melindungi tembok dari jamur dan kelembaban. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan tukang maupun toko cat agar nantinya bisa mendapatkan produk yang tepat.

4. Hindari Menumpuk Barang Dekat Dinding

Dalam menyiasati tembok lembab, Anda perlu menghindari meletakkan barang dekat dinding. Anda tidak boleh menumpuk barang-barang di dekat dinding agar dinding tidak lembab.

Sebaiknya Anda meletakkan barang di lemari atau tempat yang lebih aman. Jika hendak meletakkan barang dekat dinding, maka Anda perlu menggunakan panel agar nantinya lebih aman dari kelembaban.

5. Menggunakan Wall Panel Tahan Lembab

Terakhir, Anda perlu menggunakan penutup tembok lembab berupa wall panel dinding. Saat ini banyak sekali wall panel yang dapat Anda gunakan, salah satunya adalah merk Mevvah.

Wall panel Mevvah menghadirkan motif marmer yang siap memberikan keindahan untuk ruangan. Dengan adanya wall panel ini, maka dinding Anda tidak akan mudah lembab dan berjamur. Sehingga tampilannya jauh lebih bagus dan indah.

Keindahan Dinding dengan Mevvah Wall Panel

Berbicara soal keindahan, tentunya memiliki berbagai faktor dan komponen. Apalagi soal keindahan rumah, biasanya akan memiliki komponen lain yang berguna untuk memperindah ruangan rumah.

Salah satu komponen yang dapat Anda gunakan adalah wall panel dinding dari Mevvah. Dinding yang menggunakan panel akan memiliki tampilan lebih indah dan terkesan lebih adem.

Apalagi Mevvah menghadirkan wall panel motif marmer, sehingga tampilannya jauh lebih indah dan keren ketimbang motif lain. Tak hanya itu, motif yang Mevvah hadirkan ini juga cukup beragam, Anda dapat memilih sendiri motif yang diinginkan.

Misalnya saja Mevvah memiliki panel motif marmer Shanghai yang memiliki dominasi warna merah. Motif seperti ini sangat cocok untuk ruang tamu dan ruang kamar, karena tampilannya terkesan elegan dan mewah.

Selain itu, Mevvah juga memiliki motif lain seperti marmer New York yang didominasi oleh warna hitam. Motif seperti ini memiliki tampilan yang kalem dan sangat cocok untuk Anda gunakan di ruang keluarga.

Kesimpulan

Demikianlah cara mengatasi dinding lembab dan berjamur yang dapat Anda coba sendiri. Silahkan ikuti tips tersebut agar nantinya dinding rumah terlindungi dari bahaya keropos akibat lembab.

Pastikan Anda untuk menggunakan wall panel Mevvah agar ruangan terlihat lebih indah. Wall panel ini akan melindungi Anda dari tembok lembab berjamur yang meresahkan. Dengan adanya wall panel Mevvah, maka ruangan Anda jauh lebih bagus dan nyaman untuk ditempati.

Leave a Reply