You are currently viewing Contoh Perabot Kantor yang Banyak Digunakan
desain ruang kerja kantor sederhana

Contoh Perabot Kantor yang Banyak Digunakan

Terdapat banyak sekali contoh perabot kantor yang banyak digunakan. Bahkan setiap hari perabotan ini sering digunakan untuk memberikan kemudahan dalam bekerja. Sehingga tak heran jika perabot menjadi sesuatu yang sangat penting.

Kantor sendiri menjadi sebuah bangunan atau ruangan yang digunakan untuk bekerja. Umumnya setiap karyawan di suatu perusahaan akan berkumpul menjadi satu untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Pada ruangan kantor tentunya terdapat berbagai peralatan yang bisa kita gunakan. Mulai dari mesin printer, komputer, laptop, kursi, meja, dan lain sebagainya.

Sekilas Tentang Pengertian Perabot Kantor

Ternyata perabotan tidak hanya ada pada rumah saja, karena perabotan juga ada pada ruangan kantor. Perabot kantor adalah segala perlengkapan dan peralatan yang digunakan dalam suatu ruang kantor.

Fungsi dari perabotan ini yakni untuk mendukung kegiatan kerja dan produktivitas karyawan. Hal ini memungkinkan untuk menciptakan ruang kerja yang efisien, nyaman, dan sesuai dengan kebutuhan aktivitas bisnis.

Perabotan kantor ini meliputi meja kerja, kursi, lemari arsip, komputer, printer, dan peralatan kantor lainnya seperti pulpen, kertas, hingga alat tulis. Seluruh benda tersebut dapat mendukung kegiatan bekerja di suatu kantor.

Misalnya saja seperti meja dan kursi kantor yang berguna untuk duduk dan menaruh peralatan kerja. Kemudian komputer berguna untuk mengerjakan tugas-tugas kantor.

Contoh Perabot Kantor yang Banyak Digunakan

Sebenarnya antara peralatan kantor dengan yang ada di rumah tidak terlalu beda. Keduanya sama-sama berguna untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam berbagai hal. Nah perabotan kantor tentu sangat berguna untuk memudahkan pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan. Berikut ini kami telah merangkum macam-macam perabot kantor yang sering digunakan, antara lain.

1. Komputer Desktop

perabot kantor
perabot kantor

Pertama ada perangkat komputer yang sangat umum digunakan di kantor masa sekarang. Perangkat ini terdiri dari CPU, monitor, keyboard, dan mouse. Fungsi utamanya yakni untuk melakukan tugas komputasi, seperti pengolahan data, pengelolaan dokumen, dan menjalankan aplikasi kantor. Perangkat ini biasanya digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih berat dari laptop.

2. Laptop

Selanjutnya ada perabotan berupa laptop, yang merupakan versi mini dari sebuah perangkat komputer. Karena perangkat ini memungkinkan kita untuk mengerjakan berbagai tugas dan dokumen serta bisa kita bawa kemanapun. Perangkat laptop memiliki layar, keyboard, dan touchpad atau mouse yang terintegrasi. Umumnya perangkat laptop sangat cocok untuk pertemuan, presentasi, atau tugas pekerjaan di luar kantor.

3. Perangkat Internet (Router)

Setiap kantor tentu saja memiliki perangkat koneksi internet yang digunakan untuk menghubungkan komputer maupun laptop ke jaringan internet. Router berguna untuk mendistribusikan sinyal internet secara nirkabel atau melalui kabel Ethernet ke berbagai perangkat. Sinyal internet ini nantinya akan ditangkap oleh komputer, laptop, maupun Hp karyawan untuk mengakses internet agar pekerjaan lebih cepat dan efisien.

4. Kursi dan Meja Kerja Kantor

Prabotan meja dan kursi kerja adalah perabotan yang membentuk pusat dari ruang kantor. Meja menyediakan ruang kerja untuk komputer dan dokumen, sementara kursi memberikan kenyamanan selama jam kerja. Umumnya kursi kantor yang digunakan merupakan kursi dengan bentuk ergonomis agar saat bekerja jadi lebih nyaman. Kursi selesai ini juga bisa menjaga kesehatan postur tubuh agar lebih baik.

5. Lemari Penyimpanan

Prabotan lemari penyimpanan digunakan untuk menyimpan berbagai jenis dokumen, barang, dan perlengkapan kantor. Benda yang satu ini dapat berupa lemari dengan pintu, laci, atau rak terbuka. Lemari penyimpanan membantu menjaga kebersihan dan keteraturan ruang kerja dengan menyediakan tempat untuk menyimpan barang-barang yang tidak digunakan.

6. Filing Cabinet

Selain lemari, ada juga perabotan bernama filing cabinet yang fungsinya untuk menyimpan dan mengorganisir berkas dan dokumen. Benda yang satu ini umumnya terbuat dari logam atau kayu. Pada perabotan filing cabinet, memiliki laci yang dapat dikunci untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan dokumen. Hal ini tentu akan memudahkan pengelolaan arsip dan pencarian informasi yang lebih efisien.

7. Kamera CCTV

Closed Circuit Television atau kamera CCTV umumnya di gunakan di kantor untuk meningkatkan keamanan di kantor. Ditempatkan di lokasi strategis, kamera CCTV dapat merekam aktivitas secara real time. Hal ini tentu dapat memberikan keamanan tambahan dan membantu melindungi aset perusahaan. Sistem CCTV juga dapat memantau ruang kantor secara jelas.

8. Mesin Fax

Secara umum, mesin fax berguna untuk mengirim dan menerima dokumen melalui saluran telepon. Mesin ini sangat populer pada masanya, namun sekarang penggunaannya sudah semakin berkurang. Bukan tanpa alasan, faktor perkembangan teknologi menjadi penyebab mesin ini mulai ditinggalkan. Meski begitu, beberapa kantor masih memanfaatkan mesin fax untuk komunikasi bisnis dan pertukaran dokumen.

9. Mesin Fotokopi

perabot kantor
perabot kantor

Contoh perabot kantor yang berikutnya ada mesin fotokopi yang merupakan perangkat penting untuk menggandakan dokumen dengan cepat. Biasanya mesin ini dilengkapi dengan fitur warna hitam putih serta dapat menggandakan dokumen dalam jumlah banyak secara singkat. Mesin fotokopi membantu menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam menduplikasi dokumen.

10. Mesin Printer

Selanjutnya ada mesin printer yang berguna untuk mencetak dokumen dalam bentuk kertas dari file digital. Printer ini memiliki dapat menghasilkan dokumen dengan warna yang jauh lebih beragam ketimbang mesin fotocopy. Dengan adanya mesin printer, maka dapat membantu mencetak laporan, presentasi, dan dokumen lainnya dengan kualitas terbaik.

11. AC (Air Conditioner)

Prabotan AC sangat berguna untuk menjaga suhu udara di dalam kantor agar tetap nyaman. Perangkat ini mampu menciptakan lingkungan kerja yang produktif, terutama di daerah dengan iklim panas. Karena karyawan akan merasa lebih aman dan nyaman ketika ruangannya terasa sejuk. Bahkan dengan suhu yang stabil, maka perangkat elektronik lain di kantor pun akan lebih terjaga dan lebih awet.

12. Kipas Angin

Sebagai salah satu komponen pendingin ruangan, kipas angin berguna untuk menggantikan AC. Fungsi dari prabotan ini yakni untuk memberikan sirkulasi udara yang lebih baik di kantor. Kipas angin dapat membantu mengurangi kelembaban dan memberikan kenyamanan bagi karyawan. Dari segi konsumsi energi, tentu saja kipas energi jauh lebih hemat ketimbang AC. Tapi dari segi kestabilan pendinginan ruangan, AC tentu jauh lebih baik ketimbang kipas biasa.

13. Lampu

Perabotan lampu dapat memberikan pencahayaan yang diperlukan di ruang kantor. Pencahayaan yang baik sangat penting untuk menjaga kenyamanan dalam bekerja. Bahkan dengan adanya lampu, maka dapat mengurangi kelelahan mata. Hal ini tentu memungkinkan karyawan untuk lebih produktif ketimbang mengandalkan pencahayaan dari sinar matahari saja.

14. Peralatan Kebersihan

Terakhir ada peralatan kebersihan yang menjadi perabotan wajib di kantor. Terdapat banyak sekali peralatan kebersihan seperti sapu, pel, dan vakum, yang bisa kita temui untuk menjaga kebersihan kantor. Ruang kerja yang bersih menciptakan lingkungan yang sehat dan menyenangkan. Dengan peralatan kebersihan seperti ini, ruangan kantor bisa tetap bersih, indah, dan tentunya nyaman untuk bekerja.

Kesimpulan

Demikian beberapa contoh perabot kantor yang mungkin sering kita gunakan setiap hari. Dengan menggunakan perabot kantor ini, maka karyawan bisa merasa aman dan nyaman dalam bekerja.

Setiap perangkat dan perabotan memiliki peran khusus dalam mendukung operasional sehari-hari. Sehingga dapat menciptakan kondisi kerja yang optimal. Bagi Anda yang berniat memperindah ruangan kantor, maka gunakanlah wall panel Mevvah.

Produk Mevvah sangat keren dan indah, sehingga bisa memberikan kenyamanan dan keamanan untuk Anda. Mevvah wall panel juga memiliki berbagai tipe produk yang bisa memberikan keindahan untuk ruangan kantor.

Dengan menggunakan wall panel Mevvah, ruangan Anda jadi terlihat lebih keren dan semakin elegan. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim kami untuk mendapatkan produk terbaik. Agar nantinya bisa memperoleh diskon besar dan penawaran menarik lainnya.

Leave a Reply