You are currently viewing 9 Bahan Panel Dinding yang Banyak Digunakan di Indonesia

9 Bahan Panel Dinding yang Banyak Digunakan di Indonesia

Sebuah produk wall panel khusus untuk dinding tentu memiliki bahan tersendiri. Bahan panel dinding tentu sangat beragam sekali. Karena itulh Anda bisa memilih sendiri produk dengan bahan yang kuat sesuai preferensi masing-masing.

Bahan panel adalah sebuah bahan yang biasanya digunakan untuk membuat produk panel dinding. Setiap bahan tentu akan menciptakan karakteristik yang berbeda-beda. Sehingga Anda perlu menyesuaikan produk wall panel dengan bahan yang diinginkan.

Beberapa Bahan Panel Dinding Secara Umum

Produk wall panel memang sangat beragam, bahkan bahan produk ini juga cukup beragam. Anda bisa mempertimbangkan produk panel dinding yang sesuai kebutuhan dan keinginan masing-masing. Kami telah merangkum beberapa bahan panel dinding yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan, antara lain.

1. HPL (High Pressure Laminated)

Pertama ada panel tembok dengan bahan HPL, yang biasanya terbuat dari serat kertas yang diperkuat dengan resin. Kemudian bahan tersebut akan ditekan dan dipanaskan di bawah tekanan tinggi. Bahan HPL sangat populer karena memiliki kekuatan yang bagus, tahan terhadap goresan, dan tahan terhadap panas serta cairan kimia. Bahkan produk panel yang terbuat dari bahan HPL bisa memiliki berbagai warna dan pola yang memungkinkan untuk berbagai desain interior.

2. PVC (Polivinyl Chloride)

Selanjutnya ada bahan PVC yang merupakan produk dengan bahan plastik PVC. Bahan ini banyak digunakan untuk berbagai produk, salah satunya yakni produk wall panel. Pelapis tembok PVC ini sangat ringan, mudah dipasang, dan memiliki daya tahan terhadap air dan kelembaban. Selain itu, PVC hadir dalam berbagai warna dan tekstur, memungkinkan fleksibilitas dalam desain ruang.

3. UPVC (Unplasticized Poly Vinyl Chloride)

Bahan UPVC menjadi jenis bahan yang kuat terhadap benturan maupun tekanan. UPVC sering digunakan untuk panel dinding luar karena daya tahan terhadap cuaca ekstrem dan perubahan suhu. Bahan ini juga tahan terhadap korosi dan tidak memudar dalam sinar UV. UPVC sangat cocok untuk lingkungan yang memerlukan panel dinding yang tahan lama dan mudah perawatan.

4. GRC (Glass Reinforced Concrete)

Anda juga bisa mempertimbangkan produk wallboard marmer berbahan GRC. Bahan ini merupakan campuran dari semen, serat kaca, air, dan bahan pengisi lainnya. GRC memiliki kekuatan yang tinggi serta ringan dan fleksibel untuk berbagai desain interior. Kerennya lagi, bahan seperti ini tahan terhadap berbagai cuaca, tahan lembab, dan bisa dipasang di dinding outdoor.

5. MDF (Medium Density Fiberboard)

Salah satu produk papan panel terbuat dari bahan MDF mungkin bisa Anda pilih. Karena bahan ini terbuat dari serat kayu yang dipadatkan dengan perekat dan dipress. MDF memiliki harga yang relatif murah, mudah diproses, dan stabil secara dimensi. Hanya saja, produk ini kurang tahan terhadap air, sehingga Anda hanya bisa menggunakan produk ini di dalam ruangan.

6. Beton

Bahan beton menjadi bahan yang terdiri dari campuran semen, kerikil, pasir, dan air. Beton sering digunakan sebagai panel dinding karena memiliki kekuatan yang tinggi dan kemampuan untuk membentuk struktur yang kokoh. Produk yang satu ini cocok sekali untuk dinding bagian luar, karena memiliki daya tahan yang jauh lebih bagus.

7. Polylight

Selanjutnya ada bahan Polylight yang terbuat dari polistirena ekstrusi (sebuah jenis plastik ringan). Polylight ini memiliki bobot yang sangat ringan, tetapi kekuatannya juga lumayan oke. Bahkan Anda bisa dengan mudah memotong bahan tersebut sesuai ukuran yang diinginkan. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh produk yang pas dan sesuai ukuran pada dekorasi di rumah.

8. Fiber Semen

Bahan fiber semen umumnya terbuat dari campuran semen, serat organik, dan bahan tambahan lainnya. Fiber semen menawarkan kekuatan yang bagus serta daya tahan terhadap api, air, dan serangan hama. Bahan ini sering digunakan untuk dinding rumah luar ruangan karena ketahanannya terhadap cuaca ekstrem dan perubahan suhu.

9. Kayu

Pelapis dinding panel juga ada yang terbuat dari bahan kayu yang biasanya menawarkan keindahan alami serta tekstur yang unik dalam desain interior. Anda bisa menggunakan produk dengan jenis kayu yang berkualitas. Kemudian Anda juga bisa menggunakan produk dengan desain dan motif yang bagus agar nantinya bisa tercipta keindahan pada ruangan Anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa bahan panel dinding yang umumnya digunakan di Indonesia. Anda bisa menggunakan produk panel dengan bahan yang sesuai kebutuhan. Jika Anda mencari produk panel dinding, pastikan untuk menggunakan wall panel merk Mevvah.

Produk merk Mevvah ini memiliki motif marmer dan urat kayu yang sangat elegan sekali. Bahkan produk Mevvah juga kuat karena terbuat dari bahan UPVC super keren. Anda bisa mencoba produk merk Mevvah dengan cara menghubungi tim kami lewat nomor WhatsApp di website ini.

Leave a Reply