You are currently viewing 8 Jenis Tanaman Untuk Taman Depan Rumah yang Sangat Pas

8 Jenis Tanaman Untuk Taman Depan Rumah yang Sangat Pas

Banyak sekali jenis tanaman untuk taman depan rumah yang bisa kita coba. Namun dalam memilih tanaman yang tepat, pastikan memilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari tanaman hias hingga tanaman yang simpel.

Tanaman jenis pohon juga bisa Anda pertimbangkan untuk halaman rumah. Nantinya Anda dapat memasang tanaman jenis ini dengan perpaduan tanaman bunga. Sehingga menghasilkan tampilan yang jauh lebih keren.

Tips Memilih Tanaman Hias yang Pas untuk Rumah

Sebelum Anda memilih tanaman yang sesuai untuk halaman rumah, Anda perlu memilihnya dengan teliti. Kami telah merangkum beberapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan sendiri. Adapun beberapa tips tersebut antara lain:

1. Pertimbangkan Kondisi Cuaca

Pertama, pastikan Anda memilih tanaman yang sesuai kondisi cuaca di lingkungan Anda. Misalnya jika lingkungan Anda cenderung panas, maka pilihlah tanaman yang tahan panas. Sementara jika wilayah Anda cenderung lembab, basah, dan dingin, maka pilihlah tanaman yang bisa tahan di lingkungan tersebut.

2. Pertimbangkan Sinar Matahari di Taman

Apabila taman di halaman depan rumah Anda memiliki sinar matahari yang cukup, maka cobalah untuk memilih tanaman yang suka dengan sinar mentari. Misalnya seperti pohon palem, rumput jepang, dan lain sebagainya. Sementara jika taman Anda cukup teduh akibat pepohonan, maka cobalah untuk memilih tanaman yang bisa berkembang di tempat teduh.

3. Pertimbangkan Jenis Tanah di Taman

Selanjutnya Anda juga perlu memperhatikan jenis tanah di taman. Apakah taman Anda memiliki jenis tanah berpasir, gembur, dan lain sebagainya. Dengan memperhatikan jenis tanah ini, nantinya Anda bisa memilih tanaman yang tepat. Sehingga tanaman bisa tumbuh sehat dan bisa lebih subur.

4. Pertimbangkan Ukuran Taman

Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran taman di luar rumah. Kalau taman Anda cukup besar maka bisa memilih jenis tanaman pohon dan yang memiliki daun rimbun. Sementara jika taman Anda tidak terlalu luas maka bisa memilih jenis tanaman yang tidak terlalu memakan tempat.

5. Pertimbangkan Selera Anda

Terakhir pertimbangkan juga selera Anda, pilih saja tanaman yang kiranya sesuai dengan keinginan masing-masing. Pertimbangkan juga keindahan pada tanaman yang Anda pilih agar nantinya bisa memberikan tampilan lebih keren.

Jenis Tanaman Untuk Taman Depan Rumah

Setelah Anda mengetahui beberapa tips dalam memilih jenis tanaman yang tepat, sekarang Anda perlu pilih tanamannya. Kami telah merangkum beberapa jenis tanaman yang bisa Anda pertimbangkan, antara lain:

1. Pakis Aji

Tanaman Pakis Aji adalah sebuah tanaman hias yang memiliki daun cukup unik dan indah. Daunnya berbentuk seperti bulu burung dan tumbuh dengan lebat, menciptakan efek visual yang menarik. Pakis Aji sangat cocok ditanam di tempat yang teduh dan lembab, sehingga cocok untuk taman rumah yang cenderung teduh. Apalagi Pakis Aji juga membutuhkan kelembaban yang cukup tinggi, sehingga perlu disiram secara teratur. Akan tetapi jangan sampai terlalu basah karena akarnya bisa membusuk.

2. Bambu Jepang

Apabila Anda memiliki taman yang luas, maka bisa mempertimbangkan tanaman Bambu Jepang. Tanaman ini mampu tumbuh dengan cepat dan bisa mencapai ketinggian yang ideal. Sehingga nantinya bisa menciptakan privasi yang jauh lebih baik untuk rumah Anda. Bambu ini memiliki batang yang ramping dan daun-daun kecil yang memberikan nuansa tropis. Anda juga bisa menjadikan tanaman Bambu Jepang untuk pembatas atau pagar hidup. Soal perawatan, tanaman ini cukup mudah, karena Anda tidak perlu menyiramnya secara teratur.

3. Bunga Kamboja

Selanjutnya ada Bunga Kamboja yang tergolong tanaman hias dan terkenal dengan bunganya yang harum. Bunga Kamboja juga memiliki warna yang cukup beragam, mulai dari warna putih, merah, atau kuning cerah. Tanaman ini cocok ditanam di taman yang luas karena ukurannya bisa cukup besar. Bunga Kamboja tumbuh dengan baik di daerah yang mendapat sinar matahari cukup dan memiliki tanah yang drainasenya baik. Selain itu, tanaman ini juga tahan terhadap kondisi kering, sehingga tidak memerlukan penyiraman yang terlalu sering.

4. Anggrek

Tanaman untuk Taman depan rumah minimalis yang bisa Anda coba adalah tanaman Anggrek. Jenis tanaman ini tergolong tanaman hias dan sangat diminati oleh masyarakat karena keindahan bunganya yang beraneka ragam. Anda bisa mencoba beberapa jenis Anggrek untuk taman rumah, seperti Anggrek Bulan, Anggrek Dendrobium, dan Anggrek Cattleya. Hal yang perlu menjadi perhatian adalah, tanaman Anggrek membutuhkan perawatan khusus, sehingga Anda perlu ekstra menjaga dan merawatnya. Meskipun perawatannya cukup rumit, keindahan bunga anggrek rasanya sangat sepadan dengan usaha yang dikeluarkan.

5. Kaktus

Salah satu tanaman yang mudah untuk dirawat dan tahan kekeringan adalah tanaman kaktus. Anda bisa memilih sendiri tanaman kaktus dengan bentuk dan ukuran yang sesuai kebutuhan. Kaktus juga cocok ditanam di daerah yang mendapat sinar matahari penuh dan tidak memerlukan penyiraman terlalu sering. Selain itu, kaktus juga dapat menjadi elemen dekoratif yang menarik karena memiliki bentuk unik.

6. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya juga tidak pernah absen di pekarangan rumah. Lidah Buaya sendiri merupakan sebuah tanaman yang terkenal dengan tanaman berkhasiat bagi kesehatan. Tanaman ini bisa kita gunakan untuk perawatan kulit dan rambut. Tak hanya itu, Lidah Buaya juga sangat mudah untuk dirawat dan tahan terhadap kekeringan. Anda yang memiliki tanaman terbuka atau teduh, cocok sekali untuk memilih lidah buaya sebagai tanaman di taman Anda. Selain itu, tanaman ini juga dapat bertahan di berbagai kondisi tanah, asalkan drainasenya baik.

7. Kuping Gajah

Tanaman untuk taman outdoor yang berikutnya adalah kuping gajah. Jenis tanaman ini juga dipercaya dapat mendatangkan rezeki. Tanaman ini juga memiliki daun yang besar dengan bentuk yang unik, menyerupai kuping gajah berwarna hijau dan guratan putih. Soal perawatan, Kuping Gajah mudah dirawat, Anda hanya perlu menyiram secara teratur. Selain itu tempatkan tanaman tersebut di area yang mendapat sinar matahari yang cukup. Daun yang besar dan menarik membuatnya menjadi pilihan dekoratif yang menawan untuk taman depan rumah.

8. Rumput Jepang

Terakhir Anda dapat mencoba menggunakan rumput Jepang sebagai elemen dekoratif di taman. Rumput Jepang adalah jenis rumput hias yang sering digunakan sebagai penutup tanah di taman. Tanaman ini memiliki kecenderungan daun halus dan rapat sehingga bisa memberikan tampilan hijau dan rapi. Rumput Jepang cocok ditanam di area yang mendapat sinar matahari penuh atau sebagian. Perawatannya cukup mudah, hanya memerlukan penyiraman yang teratur dan pemangkasan untuk menjaga ketinggian rumput tetap rata.

Dari berbagai jenis tanaman untuk taman depan rumah di atas, Anda sudah memutuskan untuk memilih jenis tanaman apa? Pastikan untuk memilih tanaman yang sesuai dengan kondisi lingkungan Anda ya. Perhatikan juga nilai estetika pada tanaman agar memperoleh tampilan lebih keren.

Leave a Reply