You are currently viewing Ini Lho 6 Cara Mengatasi Kamar Lembab Tanpa Jendela

Ini Lho 6 Cara Mengatasi Kamar Lembab Tanpa Jendela

Dalam artikel ini kami akan memberikan cara mengatasi kamar lembab tanpa jendela. Biasanya ruangan kamar yang tidak memiliki jendela akan lebih mudah lembab. Karena di ruang tersebut tidak ada pertukaran udara yang teratur.

Oleh sebab itu, ruang kamar gampang lembab serta setiap bagian kamar akan gampang terkena jamur. Hal ini tentu bisa membuat setiap benda dan bagian kamar jadi cepat rusak dan rapuh.

Beberapa Penyebab Kamar Lembab Secara Umum

Sebelum mengatasi masalah lembab pada kamar, Anda wajib tahu penyebab dinding ruangan terasa lembab. Karena jika tidak mengetahui penyebabnya maka akan susah untuk mengidentifikasi masalah yang ada di kamar Anda. Berikut kami telah merangkum beberapa penyebab dari masalah tersebut antara lain:

1. Ventilasi yang Buruk

Kalau ruang kamar tidak ada jendela maka ventilasi di ruang tersebut juga buruk. Karena tidak adanya sirkulasi udara segar di ruangan tersebut bisa mengakibatkan kelembaban terjebak di kamar. Dalam kondisi seperti ini, maka bisa membuat ruangan jadi pengap dan membuat Anda jadi tidak nyaman.

2. Kebocoran Air

Kalau ruangan kamar Anda terdapat kebocoran air, maka bisa saja akan membuat ruangan jadi lembab. Air tersebut biasanya akan meresap ke dalam tembok sehingga mengakibatkan kelembaban pada ruangan. Jika hal ini terus Anda biarkan, maka dinding akan jadi berjamur dan lapuk sehingga dinding kamar jadi cepat runtuh.

3. Penggunaan Alat Pendingin Ruangan

AC dan air cooler juga dapat meningkatkan kelembapan di kamar loh. Apalagi jika AC yang Anda gunakan tidak memiliki drainase yang baik, maka bisa menyebabkan air menetes dan menguap. Jika hal ini Anda biarkan secara terus-menerus, maka uap tersebut bisa menyebabkan lembab pada dinding ruangan kamar.

4. Faktor Lingkungan

Cuaca yang lembab dan hujan terus-menerus dapat meningkatkan kelembapan di luar ruangan. Hal ini akan menjalar hingga ke dalam ruangan kamar lewat celah dinding. Faktor lingkungan seperti ini memang tidak bisa kita hindarkan. Terlebih lagi jika rumah Anda terkena air hujan deras, maka kelembaban pasti akan masuk ke dalam kamar.

5. Menumpuknya Barang

Jika Anda memiliki barang yang menumpuk di dalam kamar, maka ruangan kamar Anda akan jadi lembab. Hal ini karena uap udara terjebak di tumpukan barang tersebut. Secara umum penumpukan barang ini meliputi penumpukan pakaian, buku, kardus, dan lain sebagainya.

6. Kurangnya Sinar Matahari

Terakhir, jika ruang kamar Anda tidak memiliki jendela sama sekali, maka tidak akan ada sinar matahari yang masuk. Kurangnya sinar matahari di kamar dapat membuat ruangan terasa lembab dan lebih rentan terhadap jamur.

Cara Mengatasi Kamar Lembab Tanpa Jendela

Bagi Anda yang memiliki ruang kamar tanpa jendela, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut kami telah merangkum beberapa langkah yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Gunakan Pengatur Kelembaban Udara

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi kelembaban dalam ruangan adalah dengan menggunakan pengatur kelembaban udara. Alat agar ruangan tidak lembab seperti ini sangat berguna untuk menjaga kelembaban di ruangan kamar bisa tetap terjaga. Umumnya Anda dapat memasang perangkat ini di dinding atau dengan cara berdiri. Dengan adanya perangkat tersebut maka ruang kamar jadi lebih segar dan tidak lembab berjamur.

2. Gunakan Pengering Udara

Selanjutnya Anda bisa menggunakan alat pengering udara agar dapat mengatasi kelembaban di kamar. Secara umum alat ini akan bekerja dengan mengeluarkan udara lembab dari ruangan dan menggantikannya dengan udara kering. Metode seperti ini tentu akan menjaga kelembaban di kamar tetap terjaga dengan baik. Sehingga Anda bisa beristirahat dengan nyaman dan aman.

3. Pasang Kipas Udara

cara mengatasi kamar lembab dan berjamur yang bisa Anda coba yakni menggunakan kipas udara untuk menyedot udara lembab di ruang kamar. Kipas tersebut akan mengedarkan udara di dalam ruangan, mengurangi kelembaban dan menciptakan sirkulasi udara yang lebih baik. Anda bisa mencoba menggunakan kipas langit-langit atau kipas yang terpasang di tembok.

4. Gunakan Penghilang Bau

Ketika ruangan lembab, maka bau apek tidak sedap akan menyebar ke dalam ruangan. Agar masalah tersebut bisa teratasi, Anda perlu menggunakan alat penghilang bau. Alat ini bekerja dengan cara menyerap dan menghilangkan bau di udara. Sehingga meninggalkan bau yang lebih segar ke dalam kamar.

5. Hindari Menyimpan Barang Basah di dalam Kamar

Jika Anda memiliki barang yang basah, jangan taruh di dalam kamar. Karena hal tersebut bisa memuat ruang kamar jadi basah dan terjadi lembab. Sebaiknya Anda menyimpan barang basah di tempat yang seharusnya. Sehingga nantinya ruangan terhindar dari masalah kelembaban yang menimbulkan bau tidak sedap.

6. Bersihkan Kamar Secara Teratur

Salah satu cara yang wajib Anda lakukan adalah dengan membersihkan kamar secara teratur. Misalnya saja Anda bisa membersihkan debu, kotoran, dan bau apek yang ada di dalam kamar. Anda dapat membersihkan bagian lantai, dinding, dan furniture lainnya secara menyeluruh. Dengan rutin membersihkan kamar, maka nantinya ruangan tidak akan mudah terkena lembab.

Kesimpulan

Meskipun kamar tanpa jendela mungkin terasa sulit untuk dikendalikan kelembabannya, tetapi ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini. Mulai dari memakai kipas udara hingga menjaga kebersihan secara rutin.

Kalau Anda mager menjaga ruangan kamar, cobalah untuk menggunakan wall panel Mevvah. Karena dengan memakai produk ini, ruang kamar Anda bisa terjaga dengan baik. Kamar akan tetap terlihat keren dan terhindar dari masalah jamur.

Leave a Reply