You are currently viewing Inilah Daerah Penghasil Marmer di Indonesia, Sudah Tahu?
karakteristik batu marmer

Inilah Daerah Penghasil Marmer di Indonesia, Sudah Tahu?

Tahukah Anda, daerah penghasil marmer di Indonesia itu ada di mana? Batuan marmer memang menjadi batu alam yang bernilai tinggi. Bukan tanpa alasan, pasalnya batuan ini menghadirkan corak unik dan super mewah.

Hal ini memungkinkan rumah Anda bisa tampil lebih mewah ketika memakai panel dinding dengan bahan marmer. Hanya saja batuan marmer memiliki harga cukup mahal ketimbang jenis batuan alam lain.

Sebenarnya sangat wajar karena batuan tersebut tercipta oleh proses alam yang memakan waktu lama. Sehingga untuk mendapatkan batu marmer juga sangat susah dan butuh perjuangan yang ekstra.

Sekilas Tentang Daerah Penghasil Marmer di Indonesia

Bagi yang belum tahu, batu marmer adalah batuan metamorf yang terbentuk dari batuan kapur yang mengalami metamorfosis panas dan tekanan tinggi. Keunikan warna, pola, dan kilauannya membuatnya sangat dihargai dalam industri konstruksi dan seni.

Jenis batuan ini tersedia cukup melimpah di Indonesia. Tanah air tercinta kita menjadi salah satu negara penghasil marmer terbesar di dunia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), produksi marmer Indonesia pada tahun 2022 mencapai 1,3 juta ton.

Dari data tersebut, produksi marmer Indonesia paling banyak ada di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sumatera Barat. Salah satu daerah penghasil batu marmer di Indonesia adalah Tulungagung.

Tercatat Tulungagung memiliki cadangan marmer sekitar 3,5 miliar ton. Marmer dari Tulungagung memiliki kualitas yang baik dan telah dikenal hingga mancanegara. Tak heran jika marmer dari Tulungagung sangat bagus dan memiliki harga lumayan mahal.

Pemanfaatan Batuan Marmer di Indonesia

Batu marmer menjadi batuan alam yang sangat bagus dan memiliki tampilan indah. Tidak mengherankan jika batu marmer dimanfaatkan untuk menghias rumah agar memiliki tampilan super indah. Batuan alam ini memiliki banyak sekali fungsi dan bisa Anda pasang untuk berbagai tempat. Berikut kami telah merangkum beberapa pemanfaatan dari batu marmer, antara lain:

1. Lantai

Marmer sering digunakan sebagai bahan lantai karena memiliki keindahan dan kekuatan yang luar biasa. Umumnya marmer dengan pengaplikasian di lantai akan tahan terhadap abrasi dan memiliki daya serap yang rendah. Sehingga lantai marmer bisa lebih mudah untuk Anda bersihkan. Desain lantai marmer bisa bervariasi, mulai dari pola sederhana, motif abstrak, hingga mozaik yang rumit.

2. Marmer untuk Dinding

Selain lantai, batu marmer juga dapat Anda pasang di dinding sebagai hiasan dinding. Ketika dinding rumah Anda memakai panel marmer, maka akan memberikan sentuhan elegan. Terlebih lagi dinding marmer dapat memberikan kesan mewah pada ruangan. Anda bisa memilih warna dan pola marmer sesuai dengan desain dan konsep ruangan rumah Anda.

3. Meja

Marmer juga dapat Anda manfaatkan sebagai furniture dalam berbagai ruangan, seperti meja makan, meja kopi, atau meja samping. Anda dapat melapisi meja dengan produk batuan marmer. Sehingga meja Anda bisa tampak lebih bagus dan tampil lebih eksklusif lagi. Sebaiknya sesuaikan dengan jenis meja dan motif marmer yang Anda pilih agar dapat memiliki harmonisasi yang sesuai.

4. Wastafel

Batuan marmer juga sangat populer sebagai bahan untuk wastafel kamar mandi. Kelebihan marmer di sini adalah daya tahan terhadap air dan kelembaban. Sehingga wastafel tersebut bisa tahan lama dan awet sampai kapanpun. Umumnya wastafel marmer sering dimanfaatkan dalam desain kamar mandi modern dan klasik.

5. Air Mancur

Marmer dapat digunakan dalam pembuatan air mancur atau elemen dekoratif lainnya di taman atau halaman. Perpaduan antara kekuatan, daya tahan, dan keindahannya terasa sangat cocok untuk air mancur. Hal ini memungkinkan air mancur di taman rumah Anda bisa terlihat lebih indah dan bagus.

Wall Panel UPVC Mevvah untuk Menggantikan Batuan Marmer

Teknologi saat ini telah berkembang sangat pesat, sehingga muncul sebuah produk yang unik dan beda. Salah satu produk yang bisa menggantikan marmer adalah produk wall panel Mevvah.

Produk Mevvah ini memiliki tampilan dan motif seperti marmer yang sangat elegan. Anda akan puas menggunakan produk panel marmer di ruangan rumah. Mengingat nantinya rumah Anda bisa terasa lebih mewah.

Wall panel Mevvah terbuat dari bahan UPVC yang memiliki ketahanan lebih kuat dan tampilan super bagus. Anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu mahal untuk memperoleh produk ini.

Karena wall panel Mevvah memilih harga yang sangat terjangkau ketimbang marmer. Hal ini memungkinkan Anda jadi lebih hemat lagi dalam mencari produk untuk menghias dinding rumah.

Untuk mendapatkan produk wall panel Mevvah, Anda hanya perlu menghubungi tim kami melalui WhatsApp. Selain itu bagi Anda yang berada di daerah Tangerang dan Jakarta, Anda bisa datang ke kantor terlebih dahulu. Berikut alamat lengkap dan nomor WhatsApp yang bisa Anda catat.

Alamat: Jl. Raya Binong Jl. Kp. Cijengir No.99, RT.005/RW.003, Binong, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810

WhatsApp: +62 821-7001-0763

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu daerah penghasil marmer di Indonesia ada di mana? Anda juga tahu pemanfaatan dari batuan marmer yang satu ini. Pastikan untuk menggunakan produk dari Mevvah jika menginginkan panel motif marmer.

Karena Mevvah menghadirkan produk yang sangat berkualitas dan memiliki tampilan super indah untuk dinding rumah Anda. Dengan memakai produk ini, maka ruangan akan tampak lebih keren dan tentunya bisa tampak elegan.

Pastikan untuk menghubungi tim kami terlebih dahulu sebelum datang ke kantor kami. Agar nantinya Anda bisa mendapatkan edukasi produk serta penawaran yang menarik. Jangan lupa untuk menghubungi tim kami sekarang juga!

Leave a Reply