You are currently viewing Tata Cara Pemasangan Batu Alam Dinding yang Gampang

Tata Cara Pemasangan Batu Alam Dinding yang Gampang

Sebenarnya cara pemasangan batu alam dinding bisa dilakukan oleh semua orang. Artinya Anda yang mungkin belum berpengalaman pun juga bisa memasang perangkat ini dengan sangat mudah.

Batu alam merupakan sebuah batu yang tercipta secara alami oleh proses panjang. Umumnya batuan ini memiliki banyak sekali motif dan tekstur yang berbeda. Setiap motif dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing di rumah.

Anda dapat memakai batu alam mulai dari yang murah hingga yang memiliki harga mahal. Salah satu batu alam mewah dan memiliki harga tinggi adalah batuan marmer. Tidak mengherankan memang, karena batuan ini menghadirkan keindahan alami super bagus.

Anda tentunya dapat memasang batu alam ini sendiri di rumah. Entah itu pemasangan di dinding rumah indoor, maupun dinding outdoor. Bagi Anda yang bingung proses pemasangannya, sebaiknya ikuti artikel ini hingga selesai.

Tata Cara Pemasangan Batu Alam Dinding

Memasang batuan alam pada dinding rumah tentu akan membuat Anda lebih hemat. Karena jika Anda memasang dengan bantuan jasa, tentu perlu mengeluarkan uang. Harga pasang batu alam dinding per meter sangat beragam sekali.

Di Indonesia sendiri harga pemasangan bisa mencapai 300 hingga 500 ribu. Oleh karena itulah lebih baik memasang batu alam sendiri ketimbang memakai bantuan jasa. Sebelum Anda memulai memasang batu alam, pastikan Anda telah mempersiapkan berbagai peralatan terlebih dahulu.

Beberapa bahan dan peralatan misalnya seperti batu alam, semen, pasir, meteran, dan lain sebagainya. Semua bahan dan peralatan tersebut perlu Anda siapkan dahulu, kemudian masuk ke proses pemasangan berikut.

1. Membuat Adukan Semen dan Pasir (1:3)

semen dan pasir
semen dan pasir

Langkah pertama, Anda perlu mencampurkan semen dan pasir dengan perbandingan 1 bagian semen dan 3 bagian pasir. Pastikan untuk mencampurnya secara merata agar adukan bisa memiliki kekuatan dan kekokohan yang bagus.

2. Menambahkan Air

Proses pemasangan batu alam depan rumah yang selanjutnya yakni tambahkan air sedikit-sedikit ke dalam campuran semen dan pasir sambil terus mengaduk. Proses ini bertujuan agar adukan bisa lebih kental dan bisa dengan mudah untuk ditempelkan ke dinding.

3. Gunakan Perekat Khusus Batu Alam

Cara pasang batu alam yang selanjutnya yakni mengoleskan perekat khusus batu alam pada bagian belakang batu. Pada cara ini, Anda perlu memilih jenis perekat yang sesuai dengan batu alam. Tujuannya agar nantinya bisa memperoleh hasil yang kuat dan lebih tahan lama.

4. Menempelkan Batu Alam pada Dinding

Tempelkan batu alam pada dinding sesuai dengan pola yang telah Anda tentukan sebelumnya. Pastikan untuk menekannya dengan lembut agar perekat menyebar dengan baik.

5. Gunakan Trowel untuk Meratakan Adukan Semen

Cara memasang batu alam agar tidak mudah lepas yang selanjutnya yaitu menggunakan alat bernama trowel. Alat ini berguna untuk mengambil adukan semen dari wadah dan meratakannya ke dinding. Anda perlu meratakan adukan semen di bagian belakang batu alam. Proses ini sangat berguna agar batu alam terpasang dengan kuat dan merata.

6. Menggunakan Waterpass

Selanjutnya cara pasang batu alam dinding teras yang tidak boleh Anda lewatkan adalah pemasangan menggunakan waterpass. Dengan memakai alat ini, maka batu alam bisa terpasang sejajar dan tidak miring. Bahkan nantinya batu alam tersebut bisa terlihat jauh lebih keren ketimbang Anda memasangnya secara asal-asalan.

7. Memberikan Tekanan pada Batu Alam

Tahap berikutnya Anda perlu memberi tekanan pada batu alam dengan tangan atau alat bantu lainnya. Tujuan dari proses ini adalah untuk membuat batu alam bisa menempel dengan baik pada dinding. Sehingga nantinya batu tersebut mampu bertahan lama serta bisa memberikan keindahan yang lama untuk rumah Anda.

8. Finishing

Proses terakhir adalah finishing, pada tahap ini Anda perlu merapikan dan membersihkan sisa-sisa dari bahan yang mengganggu. Anda perlu memastikan setiap bagian tidak ada yang mengganggu. Bersihkan secara bertahap agar nantinya memperoleh keindahan super maksimal di dalam rumah.

Gunakan Wall Panel Mevvah untuk Menggantikan Batu Marmer

wall panel Mevvah
wall panel Mevvah

Batu alam memang menawarkan keindahan alami yang super bagus. Hanya saja harga dari batu alam sangat mahal, sehingga tidak semua orang bisa menikmati keindahan tersebut di rumah mereka.

Berangkat dari masalah ini, Mevvah Luxury Wall Panel kini hadir untuk memberikan keindahan alamiproduk dengan motif batu alam marmer di rumah Anda. Kami berupaya untuk menghadirkan produk wall panel yang bermotif marmer agar Anda memiliki hiasan yang bagus di rumah.

Produk wall panel Mevvah yang bermotif marmer tentunya akan membuat Anda semakin puas. Karena Anda bisa lebih nyaman berada di dalam rumah serta bisa lebih betah ketika berada di rumah.

Mevvah juga memiliki beberapa motif batu marmer yang sangat keren. Anda bisa memilih motif dengan aksen warna merah, warna hitam, hingga batu marmer warna putih. Jangan khawatir, soal kekuatan wall panel Mevvah ini sangat kuat sekali.

Karena kami menghadirkan produk berbahan dasar UPVC yang super kuat dan tahan lama. Sehingga nantinya produk ini bisa bertahan lama untuk memberikan nilai estetika di rumah Anda.

Selain motif marmer, kami juga memiliki wall panel dengan motif urat kayu alami serta model 3D. Kedua model panel tersebut tentu bisa memberikan nilai estetika yang tinggi di rumah dan membuat rumah Anda semakin keren.

Kesimpulan

Demikianlah tata cara pemasangan batu alam dinding yang bisa Anda ikuti sendiri. Silahkan ikuti saja tutorial tersebut agar nantinya bisa memperoleh rasa keindahan yang membuat nyaman untuk rumah Anda.

Anda juga bisa memperoleh keindahan alami dari batu marmer melalui wall panel Mevvah. Dengan wall panel tersebut, Anda akan mendapatkan kesan keren serta kekuatan batu alam yang tiada tandingannya.

Silahkan hubungi tim kami untuk memperoleh produk wall panel yang lebih keren. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu mengenai produk panel dinding yang sesuai dengan kebutuhan dan dekorasi ruumah.

Leave a Reply