You are currently viewing Bahaya Tembok Rumah Retak dan Cara Mengatasinya

Bahaya Tembok Rumah Retak dan Cara Mengatasinya

Mungkin banyak yang penasaran, kalau tembok rumah retak apakah bahaya untuk rumah? Nah pertanyaan seperti ini memang sering ditanyakan oleh masyarakat. Karena tak jarang tembok di rumah mereka ada yang retak-retak.

Kalau tembok sudah retak, tentu akan panik tak karuan. Mengingat bagian lain juga akan berpengaruh dan terpengaruh oleh retakan tersebut. Sehingga bisa membuat kekokohan rumah jadi turun.

Lokasi dan Penyebab Tembok Retak Tembus

Dari segi lokasinya, terdapat beberapa penyebab dan jenis retak pada dinding dinding. Pertama, jika lokasinya ada di luar dinding biasanya penyebab dinding retak horizontal disebabkan oleh faktor eksternal seperti cuaca, pergerakan tanah, atau tekanan air.

Sementara jika dinding bagian dalam yang retak, biasanya terjadi karena masalah struktural, penyusutan bahan bangunan, atau kerusakan akibat air. Bisa saja atap Anda bocor dan rembes ke tembok sehingga memuat dinding jadi retak.

Terakhir, biasanya ada retakan pada bagian sudut tembok dan sambungan. Masalah ini terjadi karena adanya titik lemah dalam struktur bangunan. Sehingga membuat dinding jadi tidak kuat dan menyebabkan retak.

Kenali Bahaya Tembok Rumah Retak

Sebenarnya retakan pada tembok bisa sangat berbahaya bisa saja tidak berbahaya. Dalam artian kalau retakannya sedikit hanya beberapa cm, mungkin tidak akan bahaya. Tapi kalau retakannya sampai beberapa meter, tentunya sangat berbahaya.

Mengingat retakan pada tembok bisa membuat struktur rumah jadi tidak stabil. Sehingga bisa membuat rumah bisa saja roboh kapan saja. Hal ini tentu sangat membahayakan keselamatan Anda bukan?

Umumnya retak kecil (dengan panjang kurang dari 1 m) tidak terlalu berbahaya karena retakan ini terjadi akibat pergerakan alami bangunan. Jadi retakan tersebut tergolong masih wajar dan tetap aman untuk rumah.

Sementara untuk retakan sedang (panjang 1-3 m) wajib Anda waspadai. Karena semakin panjang dan lebar retakan bisa jadi terjadi perubahan struktur bangunan. Oleh sebab itu Anda harus analisa penyebabnya dan cek lagi cara mengatasinya.

Apalagi kalau retak vertikal pada dinding dengan panjang lebih dari 3 m, tentunya sangat bahaya sekali. Anda wajib banget berkonsultasi dengan tenaga ahli profesional karena masalah tersebut merupakan masalah yang sangat serius.

Beberapa Tips Untuk Mengatasi Tembok Retak

Apabila dinding rumah Anda mengalami keretakan, sebaiknya jangan didiamkan. Anda wajib mencari tahu sumber masalah dan kemudian coba mengatasinya dengan segera. Agar hal-hal yang tidak Anda inginkan tidak terjadi.

1. Cari Tahu Penyebab Retak

Langkah pertama mengatasi tembok retak karena tanah gerak, Anda wajib banget mencari tahu penyebab masalah retakan tersebut. Cek secara detail apakah masalahnya terjadi karena adanya rembesan air, pergeseran bangunan, atau kelebihan beban. Perhatikan jalur retakan tembok dan identifikasi secara detail masalah tersebut.

2. Pembersihan dan Persiapan

Selanjutnya Anda coba lakukan pembersihan pada area yang retak. Bersihkan retakan dari sisa-sisa puing bangunan agar nantinya bisa lebih mudah mengatasi retakan tersebut. Setelah itu Anda perlu mempersiapkan berbagai peralatan dan bahan yang kiranya bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

3. Gunakan Plesteran dan Semen

Selanjutnya cara mengatasi tembok retak yang bisa Anda lakukan yakni bisa menggunakan plesteran dan semen untuk menutup bagian dinding yang retak. Semen dan plesteran ini memiliki fungsi sebagai perekat agar nantinya antar dinding dapat menyambung dengan sempurna. Kalau seluruh retakan telah tersambung dengan baik, maka nantinya juga akan jadi lebih aman.

4. Gunakan Tambalan Dinding (opsional)

Anda juga bisa loh menggunakan produk tambalan dinding. Hal ini bisa Anda lakukan apabila retakan cukup lebar dan panjang. Pastikan untuk memberikan tambalan tersebut dengan rapi dan sesuai retakan saja. Tujuannya agar dinding tetap terlihat elegan walaupun sudah retak.

5. Rapikan Tembok dengan Cat

Langkah selanjutnya Anda perlu mengecat dinding rumah yang telah diplester dan ditambal. Cat ini berfungsi untuk memberikan nilai estetika pada ruangan rumah sekaligus untuk menutupi retakan. Dengan adanya cat, maka bekas tambalan tidak akan terlihat dengan jelas.

6. Pantau Perkembangan

Terakhir, Anda wajib banget melakukan pemantauan kondisi dinding yang telah diperbaiki. Pastikan untuk mengecek kembali seperti apa kondisinya di kemudian hari, agar nantinya Anda bisa melakukan tindakan yang tepat.

Mevvah Wall Panel Bisa Membuat Dinding yang Retak Tetap Terlihat Elegan

Jika Anda ingin memperoleh dinding yang lebih indah, maka cobalah untuk menggunakan produk wall panel merk Mevvah. Jadi setelah perbaikan dinding yang retak, Anda dapat menutupi dinding tersebut dengan Mevvah wall panel.

Produk Mevvah wall panel memiliki banyak keunggulan. Bahkan panel sangat berguna sekali untuk memberikan nilai estetika pada ruangan Anda. Ketika rumah Anda menggunakan wall panel, maka dinding juga akan tampak lebih elegan lagi.

Mevvah memiliki produk wall panel dengan motif urat kayu, motif marmer, hingga model 3D. Setiap motif ini bisa Anda kombinasikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Agar dinding jadi lebih indah.

Ketika dinding retak maka Anda bisa melapisi dinding tersebut dengan wall panel. Sehingga retakan tersebut tidak mengganggu pemandangan dan estetika. Dinding Anda akan tetap keren ketika menggunakan produk panel dari Mevvah.

Untuk membeli produk Mevvah, Anda bisa langsung menghubungi tim kami. Silahkan sampaikan saja kepada tim kami terkait kebutuhan di rumah Anda. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan tim Mevvah terkait kebutuhan di rumah Anda ya!

Leave a Reply